27 Apr

Mau Berat Badan Turun Drastis? Baca Tips Sehatnya

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan secara drastis. Tetapi untuk menurunkan berat badan, ini harus dilakukan dengan cara yang aman dan sehat. Penurunan berat badan tercepat atau yang disarankan adalah sekitar satu kilogram per minggu.

Diet, sehingga penurunan berat badan yang drastis umumnya direkomendasikan untuk orang yang kelebihan berat badan, terutama jika kondisi ini telah menyebabkan masalah kesehatan. Diet dengan penurunan berat badan yang dramatis harus dilakukan di bawah pengawasan medis, jika tidak dikhawatirkan hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Cara sehat untuk secara dramatis mengurangi berat badan

Untuk menurunkan berat badan secara drastis, perlu untuk membatasi asupan kalori dan meningkatkan konsumsi kalori dalam tubuh. Untuk menurunkan satu pon berat badan seminggu, Anda perlu membakar 500 kalori sehari.

Cara sehat untuk secara dramatis mengurangi berat badan
Ada cara sehat untuk menurunkan berat badan secara dramatis, yaitu:

1. Berolahraga secara teratur

Alih-alih melakukan latihan berat dalam sesi latihan, Anda bisa melakukan latihan ringan tiga kali sehari. Jenis-jenis latihan yang dapat dilakukan termasuk berlari cepat, mengangkat beban, mengangkat, atau menaiki tangga setidaknya selama 7 menit.

Bahkan jika durasinya agak pendek, Anda dapat membakar hingga 300-500 kalori jika Anda membakar tiga kali sehari.

2. Keluarkan gula dan karbohidrat

Dengan mengurangi asupan gula dan karbohidrat, kalori yang masuk ke tubuh Anda juga berkurang. Dalam defisit kalori, tubuh membakar lemak, yang merupakan cadangan kalori dalam tubuh. Saat lemak tubuh berkurang, berat badan juga berkurang.

3. Perbanyak protein dan sayuran

Asupan protein tinggi dapat mengisi Anda dan mengurangi nafsu makan. Dengan cara ini, asupan kalori berkurang. Contoh makanan berprotein tinggi adalah daging tanpa lemak, ikan, udang, telur, kacang-kacangan, tahu dan tempe.

Selesaikan diet Anda selain protein dengan sayuran rendah kalori seperti bayam, tomat, mentimun, kembang kol, selada, dan brokoli. Serat dalam sayuran membuat Anda cepat kenyang.

4. Perhitungan kalori yang dimasukkan

Kunci penurunan berat badan yang sehat adalah membatasi kalori. Kebutuhan kalori seseorang tergantung pada usia, jenis kelamin, dan aktivitas sehari-hari.

Sekalipun asupan kalori perlu dikurangi, ini tidak berarti Anda tidak makan sama sekali. Asupan kalori yang rendah membuat tubuh lemah dan menyebabkan berbagai gangguan tubuh dalam jangka panjang.

Untuk mengetahui berapa banyak kalori yang perlu Anda konsumsi sehingga berat badan Anda menurun secara sehat, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi.

5. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Minumlah setidaknya delapan gelas air sehari. Cairan tubuh yang cukup dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum cukup air mengendalikan nafsu makan lebih mudah dan menjaga berat badan.
Selain itu, hindari minuman berkalori tinggi seperti minuman ringan dan minuman karena mengandung banyak gula.

6. Waktu tidur yang masuk akal

Kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk dapat meningkatkan risiko obesitas dan stres. Stres saja meningkatkan akumulasi lemak. Untuk menurunkan berat badan secara dramatis dengan cara yang sehat, Anda perlu tidur nyenyak. Waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah 7 hingga 9 jam semalam.

Dengan diet, lebih baik jika Anda tidak bertujuan menurunkan berat badan secara drastis. Penurunan berat badan yang cepat biasanya sulit dipertahankan dan ada risiko kesehatan Anda akan terganggu.

Diet yang baik masih perlu menyehatkan tubuh. Penurunan berat badan lebih efektif karena berat badan secara perlahan dan bertahap menurun, membuat upaya untuk mempertahankan berat badan lebih mudah.

Sebelum berdiet untuk mencapai berat badan ideal, Anda harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan ahli gizi, terutama jika Anda memiliki kondisi medis tertentu.

Baca Juga :

Tarikan Motor Injeksi Anda Tidak Stabil? Simak Alasannya

Yuk Pelajari Beberapa Contoh Karangan Narasi Di Sini!

Cara Membuat Surat Yang Baik dan Benar