10 Sep

Manfaat ngemil kacang kedelai sebelum berolahraga

Sebelum berolahraga, Anda membutuhkan nutrisi seperti protein untuk memberikan ketahanan selama aktivitas berat. Sekarang, jika Anda merasa daging, ikan, atau telur terlalu berat untuk dimakan sebelum berolahraga, Anda bisa menggantinya dengan camilan kedelai. Apa manfaat ngemil pada kedelai sebelum berolahraga? Lihatlah ulasannya di sini!

Manfaat ngemil kacang kedelai sebelum berolahraga

1. Membantu membakar lebih banyak lemak
edamame kedelai
Kedelai adalah makanan dengan indeks glikemik rendah. Indeks glikemik (IG) itu sendiri adalah nilai yang mengukur tingkat di mana karbohidrat makanan dikonversi menjadi gula dalam tubuh. Menurut penelitian dari International Journal of Food Sciences dan Nutrisi 2013, makan makanan ringan dengan nilai GI rendah sebelum berolahraga dapat membantu membakar lemak lebih efektif.

Ini karena selama berolahraga, tubuh menerima energi dari oksidasi karbohidrat dan lemak. Sekarang, makan snack indeks glikemik rendah dapat memaksimalkan oksidasi lemak, sehingga lemak juga diubah menjadi energi, tidak lagi terakumulasi dalam tubuh. Anda juga menjadi lebih kuat untuk olahraga.

2. Meningkatkan massa otot
cara membangun otot
Bagi Anda yang ingin membentuk otot melalui olahraga, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan kaya protein seperti kedelai sebelum melakukan aktivitas fisik.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada atlet pria menemukan peningkatan massa tanpa lemak. Selama 9 minggu, atlet diberi 33 gram kedelai selama pelatihan.

Selain kedelai, protein whey juga dibandingkan. Meski sama-sama menunjukkan hasil yang sama, kedelai memiliki keunggulan tambahan, yaitu memberikan antioksidan bagi para partisipan.

Karena itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan ringan kedelai sebelum berolahraga. Selain itu, cobalah mengonsumsi 2-3 jam sebelum aktivitas fisik. Ini untuk tidak mengalami sakit perut atau mual karena berolahraga setelah makan.

2. Sumber energi yang tidak menambah berat badan
kacang kedelai
Manfaat camilan kedelai sebelum olahraga lain membantu menurunkan atau mempertahankan berat badan.

Ini karena kedelai termasuk dalam kategori makanan dengan indeks glikemik rendah. Kabar baiknya, makanan GI rendah membantu Anda menurunkan berat badan.

Seperti dilansir Mayoclinic, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada penurunan berat badan pada orang yang menjalani diet GI rendah yaitu antara 1 dan 55.

Sekarang, karena kedelai termasuk dalam kategori GI rendah (sekitar 16-34), Anda dapat memilihnya sebagai pengisi energi sebelum latihan yang tidak membuat Anda gemuk. Jika Anda ingin mempertahankan atau menurunkan berat badan, sangat disarankan untuk mengubah diet dan olahraga Anda agar seimbang.

3. Tingkatkan kinerja latihan
semangat olahraga
Kandungan isoflavon dalam kedelai sebenarnya dapat meningkatkan kinerja selama aktivitas fisik. Zat ini menghasilkan antioksidan yang akan mempercepat proses pemulihan sel dan mengurangi nyeri otot dan peradangan. Karena itu, makan kedelai sebelum berolahraga bisa menjadi cara yang bijaksana untuk membantu fungsi otot.

Juga, camilan kedelai sebelum berolahraga menyediakan sumber energi yang cukup dari karbohidrat dan protein. Dengan energi yang cukup, tubuh dapat berolahraga lebih optimal.

4. Bantu aliran darah
olahraga kardio tidak berfungsi
Selama pelatihan, tubuh membutuhkan aliran darah teratur sehingga setiap organ dapat berfungsi dengan baik. Berita baiknya adalah kedelai merupakan sumber makanan yang mengandung arginin. Arginin adalah asam amino, yang merupakan penghasil protein, yang memiliki sifat penting dalam aliran darah.

Karena itu, camilan kedelai sebelum berolahraga dapat membantu mendukung sirkulasi darah di semua bagian tubuh, seperti otak, otot, jantung, dan paru-paru.

Jadi bagaimana? Setelah mengetahui manfaat camilan kedelai sebelum berolahraga, coba ganti camilan Anda dengan camilan kedelai. Selain sehat, mengganti protein hewani dengan kacang bukanlah hal yang buruk.

Baca juga :