26 Jul

9 Kunci Sukses Menjaga Kesehatan Tubuh

Kunci Sukses Menjaga Kesehatan Tubuh

Tubuh yang sehat adalah sesuatu yang sangat penting. Saat tubuh Anda sehat, aktivitas sehari-hari bisa berjalan dengan lancar.

Meskipun kesehatan itu penting, banyak orang tidak mengerti bagaimana menjaga tubuh yang sehat.

Menjaga Kesehatan

Perhatikan kesehatan tubuh maksimal
Sebelum menjelaskan bagaimana cara mendapatkan tubuh yang sehat, Anda perlu tahu bahwa seseorang itu sehat, tidak hanya dalam hal kondisi fisik mereka tetapi juga dalam hal kondisi mental mereka. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat:

Selalu berpikir positif
Sana In Corpore Sano adalah bahasa Latin yang berarti Dalam dalam tubuh yang sehat, ada jiwa yang kuat. Intinya adalah bahwa dalam tubuh yang sehat juga jiwa yang tenang dan sehat. Jadi selalu berpikir positif tentang segala sesuatu yang menyerang Anda. Selalu pikirkan setiap masalah yang ada solusinya.

2. Atur waktu istirahat dengan benar
Cara mendapatkan tubuh sehat yang bisa dipermudah adalah dengan istirahat. Kelelahan setelah hari yang aktif adalah salah satu penyebab penurunan resistensi. Karena itu istirahat adalah langkah yang tepat untuk menghilangkan rasa lelah.

Ketika periode istirahat tubuh terganggu, risiko yang dapat terjadi adalah timbulnya stres. Telah terbukti bahwa stres itu sendiri mengurangi kekuatan sistem kekebalan tubuh, membuatnya rentan terhadap penyakit.

Ini dapat dilakukan melalui kortisol, hormon yang membantu seseorang melawan penyakit dan peradangan. dapat menurunkan berat badan ketika stres kronis terjadi. Selain waktu istirahat yang cukup, juga dimungkinkan untuk mengurangi stres untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Berlatih secara teratur
Cara menjaga kesehatan tubuh ini sering diabaikan oleh banyak orang. Meskipun metode ini bertujuan untuk menjaga bentuk tubuh. Metode ini tidak hanya baik untuk kesehatan umum tetapi juga dapat digunakan untuk mengobati masalah kesehatan lainnya seperti osteoporosis, diabetes, tekanan darah tinggi dan kanker.

Untuk hasil maksimal, Anda harus menghabiskan setidaknya 20-30 menit per hari untuk berolahraga.

4. Konsumsi makanan berserat
Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan tubuh Anda adalah dengan mengonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan setiap hari. Makanan berserat tinggi dapat melindungi tubuh dari bakteri. Pastikan makanan yang Anda makan higienis.

5. Makan dengan porsi yang wajar dan sehat
Cara unik menjaga kesehatan yang baik ini sering dianggap remeh, tetapi pada kenyataannya itu berdampak besar pada kesehatan secara umum. Sangat disarankan untuk makan dengan dosis yang masuk akal untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Jika Anda kelebihan berat badan, ada risiko tinggi penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

Makan berbagai sayuran seperti terong, labu, wortel, brokoli, mentimun, kol dan paprika. Selain sayuran, berbagai buah seperti alpukat, stroberi, mangga, kiwi, apel, nanas dan lemon sangat baik untuk kesehatan Anda.

Ingatlah bahwa sayuran mengandung berbagai jenis nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh Anda. Sementara itu, diyakini bahwa buah-buahan sangat baik bagi Anda yang sedang diet.

6. Memenuhi kebutuhan vitamin D.
Vitamin D memiliki fungsi merangsang sel-sel kekebalan untuk menangkal virus dan bakteri. Temukan vitamin ini di bawah sinar matahari, telur, hati, dan ikan untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat.

7. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh
Meskipun ini adalah cara termudah untuk menjaga kesehatan tubuh, banyak orang tidak melakukannya dengan baik pada kenyataannya. Banyak barang kesehatan menyarankan Anda untuk mengambil cairan tubuh Anda karena Anda melihat manfaatnya. Minimal delapan gelas air per hari adalah jumlah yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

8. Sebarkan senyum dengan orang-orang di sekitar
Cara lain untuk menjaga tubuh yang sehat adalah dengan tersenyum kepada orang lain. Ini yang paling mudah dan sangat dianjurkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain untuk kesehatan fisik, senyum juga bermanfaat untuk kesehatan mental Anda.

Satu studi menemukan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan stres dan memperlambat respon imun dan kemampuan untuk sembuh dengan cepat. Bahkan, kesepian juga bisa memicu perkembangan berbagai penyakit.

9. Hindari rokok dan alkohol
Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatannya, Anda harus berhenti mengonsumsi alkohol sekarang. Efek negatif yang dapat ditimbulkan adalah masalah ginjal, hati dan kanker. Selain alkohol, Anda juga harus berhenti merokok karena ini dapat menyebabkan kanker pernapasan

Baca Juga :